Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Bedah Lagu Megadeth : A Tout le Monde

Bedah Lagu Megadeth : A Tout le Monde

Megadeth : A Tout le Monde

 "Lagu Kelam yang Pernah Merenggut Nyawa Seseorang"


Youthanasia Album Cover. Img Source: Megadeth Official

A Tout Le Monde (bahasa Perancis dari To all the world/ to everyone) merupakan track ke empat dari album studio Youthanasia (1994) yang rilis sebagai singel pada Februari 1995 via Capitol records. Kemudian stuff ini direkam ulang dengan berkolaborasi bersama Christina Scabbia dari band gothic metal asal Italia, Lacuna Coil, eksklusif untuk album studio United Abominations (2007). Lagu yang sebagian liriknya menggunakan bahasa Perancis ini mempunyai makna pilu yang sangat dalam. Dan dapat memicu efek frustasi apabila dihayati dalam penghayatan yang salah disaat keadaan penuh tekanan/ stress.

Pada 13 September 2006 seorang pemuda bernama Kimveer Gill yang juga seorang penggemar Megadeth, nekat mengakhiri hidupnya karena terpengaruh lagu A Tout le Monde. Saat itu ia tengah menuju Universitas Dawson (Montreal), mengamuk dengan sebuah pistol digenggamanya, kemudian meledakan kepalanya sendiri. Sebelum beraksi ia sempat menulis pesan di sebuah blog bernama VampireFreaks.com yang mengungkit lagu ini.  Pesan tersebut berbunyi :

"Sama seperti kalian semua, aku merasa ngeri dan jenuh dengan kejadian tragis di hari sebelumnya. Kami akan memanjatkan doa pada orang-orang yang tersakiti, dan semua keluarga yang menderita. A Tout le Monde mendasari cita-cita yang ku impikan, dimana Ibuku datang dari surga dan mengatakan aku mencintaimu. Hal itu berkenaan dengan diriku yang berbicara kembali denganya."

Disaat itu banyak kalangan yang menyalahkan Dave mustaine sebagai frontman band Megadeth atas peristiwa mengerikan tersebut. Tak lama sebelum perform di sebuah gig di Montreal pada 27 September, Mustaine sempat di wawancarai oleh CBC news terkait kejadian wafatnya Gill, dan mengatakan :

"Aku benar-benar marah pada pemuda yang menggunakan laguku tersebut , dan ia hendak mencoba mengubah lagu yang indah ini (A Tout le Monde) menjadi sesuatu yang  buruk dan mengerikan. Lagu ini dipersembahkan untuk mereka yang tengah terpuruk, dan lagu ini adalah hadiah untuk mereka yang tengah dalam tahapan mencoba untuk bangkit (...) dan Gill tidaklah pantas untuk menjadi seorang penggemar Megadeth."

Bagaimanapun juga, Gill dan kebanyakan kalangan telah salah menginterpretasikan lagu A Tout le Monde sebagai lagu bunuh diri. Padahal di jauh hari di antara tahun 1994 Mustaine pernah menjelaskan dalam sebuah wawancara jika lagu tersebut bukanlah lagu tentang bunuh diri. Lagu itu adalah tentangmu, tentang disaat orang-orang mencintai sesuatu yang telah usai, kemudian mereka berakhir di catatan yang tidak pantas. Tahukah kamu ?, sebenarnya mereka hendak mengatakan sesuatu. Jadi lagu ini adalah bentuk dari sebuah kesempatan bagi mereka yang sudah meninggal terlebih dahulu sebelum sempat mengatakan sepatah katapun. Dan ini merupakan kesanku tentang apa yang ingin ku katakan pada orang-orang, jika aku mengatakan, 3 detik untuk mengatakanya di hidupku sebelum mati, aku mengatakanya pada seluruh dunia, untuk semua sahabatku, aku mencintai kalian semua, dan sekarang aku harus pergi. Ini semua adalah kalimat terakhir yang ingin ku ungkapkan, dan mereka semua membebaskanku. Aku tak perlu berkata maaf, aku tak harus mengatakan aku akan merindukanmu, ataupun aku akan menunggumu. Kau tahu ? aku hanya ingin mengucapkan aku mencintai kalian semua, suka, duka, masa bodoh, aku mencintai kalian semua.


Setelah kasus tewasnya Gill, viedo klip official A Tout le monde tidak di izinkan untuk tayang di MTV karena musiknya dianggap mempromosikan bunuh diri.

Bagi sebagian besar penggemar Megadeth, mereka juga memiliki penilain yang sama dengan songwriter jika lagu ini bukanlah lagu tentang bunuh diri. Mau bagaimanapun, lagu ini hanya sekedar menceritakan akhir dari kehidupan yang berpendar menuju ke cara yang berbeda. Lagu ini sangat luar bisa, dari band yang namanya telah mendunia dan kini menjadi legenda. Mari jadikan musik sebagai pelecut semangat untuk menghadapi kekonyolan dunia, dan mengakhiri hidup dengan alasan apapun itu tidaklah keren.

      Berikut adalah penggalan lirik dari A Tout le Monde :
À tout le monde (To all the world)
À tous mes amis (To all my friends)
Je vous aime (I love you)
Je dois partir (I have to leave)

Klik WATCH untuk melihat Megadeth - A Tout le Monde official video
Klik WATCH untuk melihat Megadeth - A Tout le Monde ft Cristina Scabbia (Live at the Madison Square Garden 2012)

Dave Mustaine

Country of origin:
Location:
San Francisco/Los Angeles, California
Status:
Active
Formed in:
1983
Genre:
Speed/Thrash Metal, Heavy Metal/Rock (1990s)
Lyrical themes:
Politics, War, History, Death, Religion, Hate, New World Order
Current label:
Tradecraft

Members :
David Ellefson Bass (1983-2002, 2010-present)

Dave Mustaine Guitars, Vocals (1983-2002, 2004-present)
Shawn Drover Drums (2004-present)

Chris Broderick Guitars (2008-present) 


Comments
0 Comments