Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Kepolisian Inggris Memata - Matai Download Festival Dengan Kamera Berteknologi Biometrik

Kepolisian Inggris Memata - Matai Download Festival Dengan Kamera Berteknologi Biometrik

Ketika Hingar Bingar Festival Musik Metal Menjadi Ajang Pengintaian

Pemandangan saat berlangsungnya event musik metal tahunan terbesar di Inggris, Download Festival. (Img Source: Birminghammail.co.uk)
Belum lama ini kepolisian Leicestershire di Inggris memantau para penikmat musik cadas yang menghadiri acara Download Festival 2015. Lebih dari 90.0000 pengunjung yang memadati Donnington Park tersebut di lacak secara simultan menggunakan kamera pendeteksi wajah biometrik super canggih. Selain menjadi ajang festival musik rutin tahunan terbesar di daratan U.K, acara tersebut juga menjelma menjadi surganya para mata-mata.

Pihak kepolisian menggunakan sistem tersebut dengan tujuan untuk melacak para terduga kriminal beserta sindikatnya di seantero Eropa. Di kutip dari Ruptly, seorang detektif bernama Kevin Walker mengungkapkan bila penggunaan kamera biometrik berbasis scanner tersebut diberlakukan untuk mengontrol wilayah, dan hal tersebut normal, pungkasnya.

Ia juga turut menegaskan apabila penggunaan kamera biometrik ini berhasil, maka tidak menutup kemungkinan festival musik lain juga akan mengadopsi sistem ini. Namun sebagian pihak yang memproklamirkan diri sebagai penyandang kebebasan absolut menolak keras cara tersebut lantaran menyangkut hukum privasi seseorang.


Berdasarkan data yang ada, organisator Download Festival menyatakan jika angka tindak kriminal pada event tersebut sudah menurun sekitar 70% semenjak 2013. Jadi, festival yang diberlangsungkan selama 3 hari berturut - turut ini bukanlah sebuah wahana yang berpotensi besar untuk disambangi kriminal. Selama ini juga festival musik metal yang berbasis dimanapun tidak menemui masalah berarti dalam rutinitasnya. Kendati menyuguhkan tontonan ekstrim dan keras, disitu tidak pernah mencuat kabar buruk apapun.

Pada akhirnya pihak kepolisian tetap bersikukuh dalam penggunaan kamera biometrik ini. Mereka mewanti-wanti agar tiap pengunjung menyetujui wajah mereka masuk ke dalam database dan hal tersebut telah tertera di setiap tiket masuk. Seluruh wajah yang telah terjaring scanner nantinya akan di cocokkan dengan list terduga kriminal yang ada.

Salah satu tanggapan bernada satir yang mencuat dari situs portal berita Vice.co.uk
Sebuah negara liberal dan demokratis memata-matai rakyat sendiri, bukankah itu terkesan aneh?. Terlebih, musik metal adalah musik yang merdeka dan mampu berdiri sendiri tanpa harus diawasi. Pemerintahan yang paranoid dan terkesan terlalu "lebay" terhadap penanggulangan aksi teror: the right of privacy was lost in the name of National security! 



Sumber:
http://rt.com/uk/267250-biometric-cameras-festivals-privacy/
http://www.bigbrotherwatch.org.uk/files/priceofprivacy/Price_of_privacy_2012.pdf
http://www.channel4.com/news/articles/society/factcheck+how+many+cctv+cameras/2291167.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment