Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Bedah Lagu Scorpion : Wind of Change

Bedah Lagu Scorpion : Wind of Change

Scorpion : Wind Of Change

(Berakhirnya cold war, lahirnya perubahan)

Wall of Berlin

      Sudah lupa kapan pertama kali dengerin lagu dari band hardrock ballad asal Jerman yang sudah bubar ini, namun sampai sekarang masih terasa nikmat untuk didengarkan. Tidak berubah, masih dengan passion yang sama dan rasa yang sama ketika mendengarnya : haru. Terus terang perasaanmu sebagai lelaki akan diuji jika mendengarkanya dengan penghayatan yang dalam.
      Lirik lagu dalam wind of change sendiri dilatar belakangi oleh perubahan politik di eropa timur pada waktu itu, seperti runtuhnya tembok berlin dan jatuhnya komunisme yang merupakan cikal bakal berakhirnya era perang dingin.
      Scorpion sendiri terinspirasi untuk menulis lagu ini saat Klause Meine, sang vokalis, mengunjungi Moscow di tahun 1989 untuk menyaksikan perubahan baru atas nyaris lenyapnya gelombang perang dunia.

    "I follow the *Moskva
    Down to *Gorky Park
    Listening to the wind of change"
 
     Moskva sendiri adalah nama sungai yang mengalir melalui Moscow, dan Gorky Park adalah taman bermain di Moscow yang namanya diambil dari penulis komunis terkenal, Maxim Gorky.

    "For peace of mind
    Let your *balalaika sing
    What my guitar wants to say "
Bersatunya Jerman barat dan Jerman timur

    Lagu ini juga mengandung referensi  alat musik folk Russia, balalika, yang bentuknya meyerupai gitar.
    The Wind of Change memberikan sebuah harapan baru bagi dunia. Tidak ada lagi perang, tidak ada kerusakan dan pertumpahan darah akibat perang, tiada ancaman perang, tiada lagi perasaan saling curiga antar sesama manusia. Yang ada tinggalah mimpi para anak-anak dan harapan untuk menata ulang kembali kehidupan yang lebih baik setalah perang berakhir. Itulah makna dari "Wind of Change", PERUBAHAN, KEBEBASAN DAN IMPIAN.
    Versi lagu ini juga direkam dalam bahasa Russia dengan judul "Veter Peremen" dan kedalam versi Spanyol "Vientos de Cambio".

SERTAKANLAH AKU PADA SAAT-SAAT DI MALAM GEMILANG, DIKALA ANAK-ANAK KELAK BERMIPI DALAM ANGIN PERUBAHAN. (Dan anak-anak tersebut adalah orang tua kita dan kita semua)

KLIK to watch Scorpion - Wind of change live with lyrics
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment