Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Bedah Lagu Folk Metal Eluveitie : Inis Mona

Bedah Lagu Folk Metal Eluveitie : Inis Mona

Bedah Lagu Eluveitie : Inis Mona (NWOFM-Pagan Alliance-Melodic Folk metal Switzerland)

(Merindukan tanah peradaban yang telah menjadi kenangan)




Official video Inis Mona
Lagu folk dengan bermacam instrumen middle age dari band Eluveitie (dibaca El-Vay-Tee) berjudul Inis Mona ini berkonsepkan tentang mitologi Celtic. Dalam durasi lagunya, setiap melodinya, anda akan benar-benar serasa dibawa kedalam ruang fantasi dari peradaban yang hilang, peradaban yang telah terbenam di wacana sejarah. Meskipun di poles dengan instrumen-instrumen tradisional seperti mandolin, violin, hurdy gurdy, bagpipes serta flute Irlandia, namun lagu ini sama sekali tidak terasa kuno.

 Inis mona memiliki melodi unik yang pada bagian chorusnya terdapat bagian adaptasi dari tembang  pelaut Britania di masa lampau. Namun pada bagian lirik lagu secara keseluruhan tiada kaitanya dengan pelaut. Saat wawancara dengan Lord of Metal, Chrigel Glanzman selaku frontman dan songwriter band mengatakan jika Inis Mona adalah nama dari sebuah pulau yang terletak di utara Wales, Britania Raya dan telah berganti nama menjadi kepulauan Anglesey. Dahulu, pulau tersebut merupakan tempat utama universitas tradisional Druid pada masa peradaban Celtic. (menurut kamus Oxford, Druid artinya adalah orang pengabdi dan terpelajar dalam mitologi Celtic kuno yang pada eranya dihancurkan oleh Romawi dan digantikan dengan sistem Kekristenan. Pada jaman ini orang-orang yang ingin mengembalikan sistem kepercayaan kuno tersebut menyebut dirinya dengan sebutan Druids). Sehingga dapat disimpulkan jika Inis Mona adalah nama sebuah pulau  yang didalamnya terdapat tempat untuk mengenyam pendidikan tertinggi serta pendalaman religi .

Pada masa itu orang tua di seluruh belahan Eropa mengirimkan putranya ke pulau tersebut agar dapat mengenyam pendidikan dan bisa menjadi seoarang Druid, yang memakan waktu selama duapuluh tahun lamanya. Pada masa itu menjadi seorang Druids adalah hal yang dianggap krusial, terhormat, bertanggung jawab, terpandang, serta menjadi profesi tersulit dalam kebudayaan Celtic. Secara tak langsung menjadikanya lebih dari sekedar sebuah gaya hidup, mata pencaharian dan peruntungan nasib. Sebagian besar dari mereka melayani masyarakat dengan menjadi penasihat yang bijak, jaksa, ilmuwan, guru, dokter, dan psikolog.

Ilustrasi ukiran dua orang Druids karya Bernard de Montfaucon -1719
"20 years I have walked your barrows
Dua puluh tahun lamanya kulangkahi onggokanmu
Years of emulous youth
Masa-masa muda keemasan
I followed the path of the wise
Ku turuti jalan setapak dari kearifan"

Lirik Lagu ini ditulis dengan mengambil sudut pandang seorang Druid di masa lalu yang berasal dari Perancis. Saat ia menua, ia mengingat kembali masa-masa kehidupanya yang telah berlalu. Ia bernostalgia dengan kenangan masa mudanya beserta hari-hari yang ia habiskan selama mengenyam pendidikan dan berharap dapat kembali lagi ke masa itu. Sebuah masa yang telah mengubah kehidupanya.
"I close my eyes, Inis Mona
Kupejamkan kedua mataku, Inis Mona
And reminisce of those palmy days
Dan mengenang masa-masa sejahtera itu
I moon o'er you, Inis Mona
Diriku teramat terkenang padamu, Inis Mona"


Dalam video klip official Inis Mona, terdapat beberapa momen berupa layar hitam dan kemudian di ikuti dengan adegan personel band memainkan musik tanpa instrumen apapun. Pada klip tersebut menceritakan seorang Druid yang digambarkan sebagai sosok tua yang kembali lagi mengunjungi pulau Inis Mona dan bertemu dengan seorang bocah, yang mana bocah tersebut adalah dirinya sendiri ketika masih anak-anak dan kemudian mereka bersama-sama membaca sebuah buku usang.



Klik watch untuk melihat musik video official Eluveitie - Inis Mona

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment