Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Film Dokumenter TERRA PESADA (Berkibarnya bendera hitam di Mozambik-Afrika)

Film Dokumenter TERRA PESADA (Berkibarnya bendera hitam di Mozambik-Afrika)


  TERRA PESADA :Perjuangan para musisi muda Mozambik

      Ketika semangat musik metal melakukan pemberontakan terhadap kemelaratan


Terra Pesada adalah sebuah film dokumenter post-production yang mengangkat kisah pergerakan musisi metal remaja di Maputo (Ibu kota Mozambik) dengan latar kehidupan yang suram. Film ini merupakan karya individu dari perempuan bernama Leslie Bornstein, seorang jurnalis di Amerika Tengah selama krisis Iran bergejolak. Selain itu ia pernah menulis rubrik olahraga di Nikaraguai dan Guetamala. Ia juga pernah menjadi wartawan di NBC.


Republik Mozambik sendiri adalah negara di Afrika bagian selatan yang merupakan salah satu negara termiskin di dunia dan paling terbelakang. Setelah lima ratus tahun menjadi budak jajahan Portugis dan memperoleh kemerdekaan ditahun 1975, Mozambik menjadi salah satu negara di Afrika yang mempunyai sisi historis terburuk. Akan tetapi negara ini kini hidup dalam damai setelah perang bersaudara berkepanjangan serta berpotensi untuk menjadi negara berkembang.

Dengan pendidikan yang masih seadanya tingkat buta huruf masyarakat Mozambik masih mencapai angka 50%, namun kebanyakan musisi metal di sana adalah para pelajar dan baru 4% penduduk saja yang bisa mengakses internet. Entah disengaja ataupun tidak, berawal dari internet-lah mereka mempalajari segala sesuatu tentang musik metal. Bagi mereka internet terutama Facebook merupakan sarana penghubung ke dunia luar. Para metalhead ini berjuang agar dunia bisa mendengar suara mereka ditengah kemiskinan dan kemelaratan. Mereka adalah anak-anak generasi awal yang tumbuh dalam perdamaian setelah perang saudara berakhir.

Menurut Leslie yang menggarap film ini, pemuda Mozambik mempunyai bakat dalam memainkan musik metal. Ia mengaku terkesan dengan keseriusan mereka dalam bermusik, kecerdasan mereka serta sumber daya dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi. Leslie juga mengatakan jika mereka tidak segan-segan bertindak diluar kebiasaan demi mencoba hal-hal yang baru.
 
Berikut beberapa fakta menarik tentang scene Metal di Mozambik :
- Metal di Mozambik muncul pada pertengahan tahun 1990 di kawasan pinggiran Maputo dan Beira.
- Metal adalah musik perkotaan, karena tanpa listrik tidak akan ada musik metal.
- Metal tersebar luas melalui jejaring sosial Facebook.
- Hampir setiap nama band menggunakan bahsa Inggris karena musisi-musisinya menghubungkan rock dan metal dengan Amerika.
- Genre metal yang paling populer adalah Death metal.
- Konser metal resmi yang pernah diselenggarakan adalah Metal Zone di tahun 2005.
- Ajang penghargaan musik di Mozambik tidak menyediakan kategori untuk musik rock maupun metal.
- Band pertama yang merekam album demo di Mozambik adalah Beira yang berasal dari Morghelarisy di tahun 2002.

Seorang gadis Mozambik yang juga menjadi bagian dari scene metal disana mengungkapkan setelah ia lulus dari perguruan tinggi masih saja sukar untuk mendapatkan pekerjaan. Menurutnya hal tersebut adalah situasi yang janggal dimana ia belajar dengan tujuan dapat mengabdi di negaranya sendiri, namun para penguasa tidak memberikan kesempatan.

Mereka memainkan musik metal untuk memberontak terhadap kemelaratan (Jurang kesenjangan antara kaya dan miskin), penyakit HIV/AIDS, dan korupsi. Hal ini mengingatkan kita tentang pernyataan dari vokalis Slipknot Correy TaylorMetal is the last bastion of real rebellion (Metal adalah benteng terakhir dari pemberontakan yang sesungguhnya). Seperti scene Asia Timur yang disana Metal merupakan salah satu bagian dari bentuk pemberontakan terhadap perang dan konflik antar Agama.

Dalam proses pengerjaan film ini, Leslie menggunakan dana pribadi dari tabungan dan hutang credit card untuk mendanai empat kali perjalananya ke Mozambik. Leslie tidak hanya ingin sekedar membuat film belaka, ia berkeinginan kuat untuk memberikan sumbangan peralatan musik dan tempat untuk anak-anak metal ini serta memberikan beasiswa untuk memajukan pendidikan bagi para metalheads apapun jurusan yang mereka inginkan. Ia juga berharap  dapat mengundang band metal ternama untuk tampil disana dan menampilkan band metal Mozambik sebagai opening konser band Amerika yang mempunyai pengaruh besar seperti Slipknot atau Cannibal Corpse.



Anda bisa berpartisipasi via online di (www.terrapesada.com) website resmi Terra Pesada dan memberikan donasi di (www.rockethub.com).

KLIK  DOWNLOAD UNTUK MENGUNDUH FILM DOKUMENTER POST-PRODUCTION TERRA PESADA .mkv LENGKAP DENGAN SUBTITLE
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment