Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Turisas : To Holmgrad and Beyond (Symphonic-Folk Metal Finlandia)

Turisas : To Holmgrad and Beyond (Symphonic-Folk Metal Finlandia)



MEMBURU DUNIA DEMI SEBUAH NAMA




To Holmgrad and Beyond adalah track dari band Turisas yang berasal dari album The Varangian Way, band beraliran Folk-Symphonic metal dari Finlandia yang rilis via Century Media Records. Konsep dari album The Varangian Way (Vägen från varjagerna) menceritakan tentang kisah sekelompok orang-orang Viking Skandinavia di masa lampau yang berkelana menyelusuri jalur sungai Russia, melewati Ladoga, Novgorod-Kiev, dan berakhir di keranjaan Byzantium. Bangsa Viking disaat itu dikenal sebagai penjelajah ulung, penakluk, serta di segani karena keberanian dan insting liaranya. Dengan kapal berbentuk naga khas bangsa viking atau yang kerap disebut longboat, mereka dapat menaklukan ganasnya lautan dengan mobilitas yang tinggi.

Holmgrad sendiri adalah bahasa Nordik dari nama kota Veliky Novgorod. Lagu dengan lirikal yang epik dan musikal simfoni bertenaga ini merupakan cerita awal dari konsep album. Dimana tokoh di dalam lagu : Osmo, Dalk, Kyy, Kokko, Ulf, Turo, Tostensson twins, dan Hakon the Bastard memulai pertualanganya menuju Miklagard (bahasa Nordik yang artinya "Big City"). Perjalanan yang memakan waktu lama tersebut tidak akan berjalan mudah, namun mereka tetap mencoba menghadapi segala rintangan yang ada.

"Far from the sea and distant lands
Came men with thirty ships
Had wanted to reach (the Neva) by night
But the weather was not on their side

And as the wind grew stronger and stronger
The rain ran down our cheeks
The bow was turned towards Gardar
The sail flew up again."


The Neva adalah nama sebuah sungai yang terletak di barat daya Rusia dan merupakan sungai terbesar ke tiga di Eropa. Menurut lirik tersebut sekelompok  penjelajah dengan berjumlah tiga puluh kapal hendak memasuki sungai Neva, akan tetapi saat itu cuaca tidak mendukung. Tanpa pikir panjang mereka terpaksa memutuskan untuk menuju Gardar (bahasa Nordik dari Stronghold/benteng) yang ada di kota Veliky Novgorod.

"Osmo and Dalk, Kyy, Kokko and Ulf
Were glad to be off the oars
Turo had eaten too much again
Now hanging himself overboard

The Tostensson twins were excited as always
Adventure was their game
Myself, Hakon the Bastard
Was out to find my name"


Pada poin ini adalah pengenalan perbedaan karakter dari tokoh Osmo, Dalk, Kyy, Kokko, Ulf, Turo, Tostensson bersaudara, dan sang pahlawan Hakon the Bastard. Dalam konteks ini "Bastard" artinya adalah seorang anak yang terlahir dari orang tua yang tidak melakukan pernikahan. Hakon sendiri lahir dari Ibunya yang diperkosa, dan dengan cara ini (berpetualang), Hakon berharap dapat memperbaiki harga diri serta nama baiknya.

"Who is "I" without a past?
A river without a source?
An event without a cause?

Threads of different lengths
Some longer, some shorter
So many of them spun together

The crones keep on weaving
The algorithm of our lives
Cause and effect, the fates of men"


Lirik di bagian ini menuturkan tentang Wyrd (dibaca 'weird), yaitu takdir versi bangsa Nordik. Wyrd adalah konsep tentang bagaimana sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu secara konstan berdampak pada masa depan. Setiap peristiwa pasti akan memiliki dampak, sehingga Hakon tidak akan menjadi seorang pahlawan tanpa adanya sebuah masa lalu. Sederhananya, anda yang sekarang adalah sosok yang dibentuk dan dikontrol dari peristiwa beberapa tahun yang lalu.

"We know the way to Aldeigju
Upstream the river Alode
You take us to the portage
And further [South]

Long is the way to the unknown
Long are the rivers in the East
Far lies the land that Ingvar
And his men desire to reach."


Aldeigju adalah bahasa Nordik dari kota pelabuhan Staraya Ladoga, yang kemungkinan besar adalah tujuan mereka selanjutnya. Sedangkan Ingvar adalah salah satu pahlawan yang ada dalam dongeng Nordik dan banyak melakukan penjelajahan di kawasan timur. Hal inilah yang  membuat mereka terinspirasi agar berhasil mewujudkan penjelajahan. 

"Many dangers lie ahead
Some of us may never return
Rather sold as slaves to the Saracens
Then chained to your bed, chained to your life!"

Klimaks dari lagu ini sendiri adalah pertualangan mereka kian berjalan lama dan berat karena mereka mendapat hadangan dari kaum Saracens. Banyak dari mereka yang gugur,namun demi kehormatan mereka lebih memilih mati daripada menjadi budak bangsa Saracens. Saracens sendiri adalah kelompok Islam yang bertempur melawan Crussaders/Tentara Salib, (Saracens sendiri adalah julukan  dari orang-orang Kristen/ Crussaders terhadap bangsa arab yang artinya rakyat Muslim). Meskipun para Viking dapat menaklukan daratan Eropa, namun hanya negara arab yang tidak dapat mereka jinakkan.

Klik WATCH untuk menyaksikan Turisas - To Holmgard and Beyond (live)


Country:              Finland
Location:             Hämeenlinna
Formed in:          1997
Genre:                  Folk/Symphonic Metal
Lyrical themes:   Battles, Journeys, Glory, Mythology, History
Current label:     Century Media
Members:
Jussi Wickström Guitars, Vocals (backing) (1997-present)
Warlord Nygård Vocals (lead), Programming (1997-present), Keyboards (2007-2012)
Olli Vänskä Violin, Vocals (backing) (2007-present)
Jesper Anastasiadis Bass (2012-present)
Jaakko Jakku Drums (2012-present)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment