Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Warna Hitam Dalam Kehidupan

Warna Hitam Dalam Kehidupan

TENTANG WARNA HITAM: Arti, makna, dan sejarah warna hitam

A portrait in black. Img Source: DeviantArt

Warna hitam sering kali dikaitkan dengan kekuatan, rasa takut, misteri, tenaga, keseriusan, wibawa, keelokan, kekosongan, duka, formalitas, maut, kejahatan, agresivitas, pemberontakan, prestisius, dan modernitas. Pengertian Warna hitam secara visual adalah ketidak ada-an warna, yang artinya gelap itu tidak ada, melainkan gelap adalah keadaan dimana tidak ada warna atau cahaya.

Dalam budaya barat hitam diartikan sebagai duka, kematian dan kesedihan. Seperti pada saat orang yang menghadiri acara pemakaman, lazimnya mereka mengenakan pakaian serba hitam sebagai tanda berduka-cita. Hal tersebut diadaptasi dari peradaban Romawi ketika mereka membuat pakaian dari wol berwana gelap yang dinamakan "Toga pulla" untuk dikenakan selama saat-saat berkabung.

FAKTA-FAKTA MENARIK TENTANG WARNA HITAM

  • Di banyak kebudayaan kecuali di Inggris, seekor kucing hitam yang melangkahi seseorang dianggap sebagai pembawa petaka atau kesialan.
  • Warna hitam secara tak langsung memberikan sugesti berat suatu benda, dalam artian orang akan berpikir barang berwarna hitam akan lebih berat ketimbang warna putih walau beratnya sama.
  • Hitam kerap dihubungkan dengan kemewahan dan pangkat, seperti jas tuxedo, mobil limosin, busana hakim, pendeta dll.
  • Para musisi yang tergabung dalam orkestra kerap kali mengenakan busana serba hitam selama berlangsungnya konser agar tidak menarik perhatian.
  • Didalam seni bela diri Jepang sabuk berwarna hitam menandakan tingkatan level tertinggi.


WARNA HITAM PADA JAMAN KUNO

  • Hitam adalah warna pertama yang pernah digunakan di dalam seni. 18.000 tahun lalu sebuah gua bernama Lascaux di Perancis terdapat lukisan berupa banteng dan hewan lain yang dilukis menggunakan arang, kemudian untuk mendapatkan pigmen warna hitam vivid mereka menggunakan tulang yang dibakar.
  • Pada jaman Mesir kuno warna hitam adalah warna dari Anubis, dewa dunia bawah yang menunggangi black jackal (serigala hitam) dan memberikan perlindungan terhadap kejahatan. Sedangkan di jaman Yunani kuno warna hitam juga melambangkan dunia bawah yang dipisahkan oleh sungai berwarna hitam Acheron dan dikuasai oleh dewa Hades.
  • Dalam hierarki sosoial masyarakat Romawi warna ungu adalah warna khusus untuk Raja, warna merah untuk tentara, putih untuk pendeta dan hitam untuk seniman.
  • Orang Jerman dan Skandinavia menyembah Dewa mereka yang bernama Nótt pada malam hari, Dewa penunggang kereta berkuda hitam yang melintasi langit diwaktu malam. Mereka juga mengeramatkan burung gagak hitam karena mereka percaya Gagak adalah hewan pembawa pesan yang mengawasi manusia.


WARNA HITAM DALAM PSIKOLOGI

Hitam adalah warna yang mengintimidasi karena pancaran dari warnanya yang merangsang sikap untuk berkuasa. Warna ini juga kerap di asosiasikan dengan seksisme dan sesuatu yang menggiurkan, seperti halnya wanita penggoda yang mengenakan celana dalam berwarna hitam dapat lebih membangkitkan sebuah hasrat. Hal tersebut juga sering mengimplikasikan  sikap tunduk pada yang lainya termasuk partner seksual, seperti pendeta (dalam agama kristen) mengenakan jubah hitam sebagai simbol akan sebuah rasa tunduk kepada Tuhan mereka.

Warna hitam merupakan akhir yang mengimplikasikan sebuah permulaan baru. Di saat cahaya muncul warna hitam akan berpendar berubah menjadi warna putih, warna dari permulaan baru. Para remaja sering sekali memiliki keperluan psikologikal untuk mengenakan warna hitam selama taraf transisi dari masa belia yang polos menuju kedewasaan yang moderen. Hal tersebut menandakan akhir dari bagian hidup mereka untuk memulai sesuatu yang baru, memperkenankan mereka untuk bersembunyi dari dunia ketika mereka masih mencoba menemukan keunikan dari identitas.

Efek yang ditimbulkan

  • Formalitas, wibawa serta elegan : seperti pada busana hitam seksi dan busana pada acara dinner yang formal.
  • Sikap menyendiri : Warna hitam menimbulkan sikap untuk mengasingkan atau menjauhkan diri orang lain akibat pancaran energi intens berat yang dihasilkanya.
  • Depresi : Terlalu banyak hitam juga dapat mengakibatkan rasa depresi, gejolak mood, dan mengakibatkan suasana negatif. Warna hitam dapat menutup aspek positif dalam kehidupan, memaksa kita untuk terpaku pada rasa kekecewaan serta kesuraman dalam kehidupan.


Berikut Kumpulan Phrase (Kata ungkapan) dalam Bahasa Inggris yang berhubungan dengan hitam.
Black Out : kehilangan kesadaran, listrik padam
Black Hearted : orang yang jahat atau kejam
Black eye : tidak terkenal
Black Sheep : orang yang diabaikan di lingkungan keluaraga maupun masyarakat
Black market : pasar illegal
Black day : hari yang buruk/penuh kesialan
Pitch black : tidak ada cahaya atau keadaan gelap gulita
Men In Black : agen pemerintah

Comments
0 Comments