Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Heaven Shall Burn : Veto (2013) Review

Heaven Shall Burn : Veto (2013) Review

Heaven Shall Burn : Veto (2013)

(Godiva : Putri bangsawan yang pertaruhkan harga diri demi rakyatnya)



Full-length album ke tujuh dari band metalcore/MDM Jerman ini sebenarnya lebih mempunyai nilai lebih pada cover album dari pada treknya. Meskipun begitu bukan berarti album yang digadang-gadang sebagai master piece-nya Heaven Shall Burn ini tidak layak masuk ke daftar playlist.

Sebagai referensi, dari enam situs musik metal professional yang memberikan review (The Metal forgeNew Noise Magz, Ultimate Guitar, Metal Injection, NCS, dan Metalsucks) lima diantaranya memberikan apresiasi dengan rating yang tinggi. Berbanding terbalik dengan penilaian Metalsucks yang justru malah mengkritisi.

Metalsucks yang terkenal dengan gaya sindiranya yang membabi buta berpendapat jika rata-rata metalcore Eropa adalah sebuah scene yang menyedihkan. Metalcore Eropa ("khususnya Heaven Shall Burn yang berasal dari Jerman : dengan lagu-lagu yang disusun dari formula metalcore sederhana serta minim variasi") tidak berdaya untuk bersaing dengan metalcore Amerika dalam segi popularitas, kualitas serta konsistensi.

Lagu berjudul "Valhalla" yang dicover dari lagu milik band power metal Blind Gurdian dalam album Veto menjadi lagu yang lebih menonjol dari seluruh trek. Pernah menjadi lagu yang direkomendasikan dan paling banyak didengar secara online di podscat Metal Hammer Magazine. Namun lagi-lagi Metalsucks menilainya sebagai lagu terburuk yang ada didalam album. Menargetkan untuk mendekati style musikalitas melodrama yang megah dari band asal Skandinavia, Amon Amarth, namun tetap saja itu merupakan sebatas lagu cover.

COVER ALBUM


Seperti yang tertera di awal jika album Veto "mempunyai nilai lebih pada cover album dari pada treknya". Cover album Heaven Shall Burn kali ini mengadopsi lukisan terkenal karya seniman asal Inggris, John Maler Collier. Sebuah lukisan dengan obyek wanita telanjang yang menunggangi kuda putih, yang mana wanita tersebut adalah Lady Godiva. Selain itu Lady Godiva menjadi tema untuk lagu pertama di album Veto dengan judul "Godiva".

Cover album Heaven Shall Burn untuk album Veto

Lady Godiva adalah seorang putri bangsawan berdarah Anglo-Sakson pada abad ke-11 sekaligus istri dari pangeran Leofric, pewaris tahta Mercia. Dalam bahasa Inggris kuno nama Godiva artinya adalah "Gift of God" (anugrah Tuhan).

Pada sebuah folklore Godiva dikisahkan berkuda dengan telanjang bulat melalui jalanan di Conventry, Inggris. Tidak hanya melepas busana, ia juga melepas perhiasan yang ia kenakan (yang di saat itu perhiasaan adalah simbol trademark dari masyarakat golongan kelas atas).Ia nekad melakukan hal demikian sebagai protes agar suaminya Leofric menurunkan pajak tanah yang membebani para kawulanya. Dalam aksinya seorang lelaki mata keranjang yang bernama Tom mencuri pandang saat Godiva berkuda, lalu tak lama kemudian lelaki tersebut langsung buta dan mati.


ALBUM VETO TRACKLIST  :

No.TitleRatingLength
1."Godiva"     4:20
2."Land of the Upright Ones"    4:09
3."Die Stürme Rufen Dich"  (The Storms Call You)   4:00
4."Fallen"     4:30
5."Hunters Will Be Hunted"    6:00
6."You Will Be Godless"    3:11
7."Valhalla" (Blind Guardian cover 5:30
8."Antagonized"    3:34
9."Like Gods Among Mortals"    4:21
10."53 Nations"    4:07
11."Beyond Redemption"    5:47


Comments
0 Comments